Minggu, 14 Maret 2021

Digital Enterpreneuship

 

Nama : Nur Safhira

Prodi : Pendidikan Admnistrasi Perkantoran

Kelas : B

Dosen Pengampu : Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus dan Terrylina Arvinta Monoarfa, BE., MM

Assignment Mata Kuliah Kewirausahaan

Seperti yang sudah kita simak dari youtube channel Dedi Purwana yang berjudul “Digital Enterpreneuship” https://www.youtube.com/watch?v=CSuIqBJZcgA&t=1347s yang di dalam video tersebut terdapat dua narasumber yaitu Pof. Ir. Jayamarka, MM. Selaku manajer IT di PT. Indoguna dan Bapak Dedi Purwana selaku pembawa acara di video tersebut. Kita dapat menarik kesimpulan bahwa di era industri 4.0 kemampuan literasi digital sangat penting untuk dimiliki mahasiswa maupaun generasi milenial. Karena pada zaman ini kemajuan teknologi sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Dari berbelanja, berjualan, hingga berkomunikasi pun kita telah menggunakan teknologi. Banyak para pengusaha berkecimpung di dunia Digital Enterpreneurship.

Sebelum mengetahui lebih dalam kita harus memahami apa itu wirausaha digital atau digital entrepreneuship. Wirusaha digital dapat disebut juga fenomena atau peristiwa yang muncul melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Mudahnya kita dapat memahami bahwa wirausaha digital adalah penjualan produk atau jasa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi elektronik.

Menurut profesional IT PT. Indoguna menyampaikan dalam video tersebut bahwa dengan menimplementasikan teknologi informasi dapat berguna untuk kedepannya. Indoguna sebagai distributor menggunakan pola  Food Supply Chain Management pola ini tentu berbeda dengan food supply pada biasanya. Yang membedakan adalah PT. Indoguan sendiri menggunakan sistem Distributor Network karena membicarakan tentang makanan produk seperti ini akan mudah rusak dan mengalami perbedaan suhu yang tentunya memerlukan teknologi yang cukup signifikan dan tentu berbeda dengan distributor biasa.

PT. Indoguna Food Supply Chain Management menggunakan ketiga teknologi informasi berupa Distributor Network, Distribution Management, Transportation Management. Dan perusahaan tersebut juga memiliki prinsip kerja yang baik dengan menekankan Food Safety, Food Quality, Sustainability sehingga produk- produk yang ingin di distribusikan terjaga dengan baik. Menggunakan teknologi informasi sendiri bertujuan untuk mendapatkan daya saing yang kuat maka dari itu, PT. Indiguna memiliki teknologi informasi yang handal untuk proses pemesanan. Dikarenakan pemesanan yang cukup banyak diperlukan teknologi yang handal untuk mengatur jalan nya pemesanan tersebut.

Dalam video tersebut disebutkan bahwa PT. Indoguna tidak hanya mengirim pasokan barang di dalam negeri saja namun, tersebar hingga ke berbagai negara. Maka dari itu agar menjaga produk selalu dalam kondisi baik diperlukan teknologi yang memadai berupa: Frosen, Chilled, dan Dry sehingga dapat mengirim pasokan barang atau produk kepada pelanggan dalam kondisi baik. Seperti yang kita ketahui dalam berbisnis tentu kita harus mengetahui strategi apa saja yang harus diperlukan di era digital ini diantaranya adalah, keunggulan kompetitif yang berfokus pada kepuasan pelanggan, Omnichannel yang berguna untuk menghubungkan dunia offline ke online, Big Data menggunakan SAP Bussines One untuk mendukung transaksi bisnis, membuat dara werehouse untuk pengambilan keputusan dan operasional SAP Bussines One artinya data ini bisa meprediksi banyaknya peminat dari tahun ke tahun dan juga mengetahui daya saing bisnis di era tersebut, dan ada juga Cyber security yang berfungsi untuk melindungi informasi atau data bisnis perusahaan karena dalam dunia digital ini sangat dibutuhkan Cyber Security yang handal untuk meminimalisir resiko kehilangan data atau informasi.

Selain itu adajuga strategi bisnis yang tidak kalah penting yaitu, Kapabilitas Digital untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital. Prof. Ir Jaya mnyebutkan PT. Indoguna membutuhkan management control system untuk mengetahui pola letak geografis di Indonesia menggunakan teknologi digital. Tanpa adanya teknologi digital sangat sulit untuk mengatur pemesanan produk di seluruh Indonesia. Untuk itu perlu sekali untuk menguasai beberapa perangkat lunak seperti SAP Bussines One, Oddo, jaringan Cislo, security Sophos, dan juta PT. Indoguna ikut bekerjasama dengan beberapa Internet Provider salah diantaranya adalah Telkom, dan Fibernet.

Tanpa adanya sistem informasi yang handal Indonesia sangat sulit untuk di kontrol karena perusahaan diharuskan untuk melaporkan data- data keuangan maupun laporan lainnya. Selain itu, dua narasumber ini juga membahas tentang tantangan dan peluang bisnis digital di Indonesia. Dalam video tersebut memaparkan sebuah penelitian pada tahun 2015 yang berisi ada empat hal yang harus diperhatikan untuk keberlangsungan Digital Enterpreneurship ini diantaranya adalah Mobile Internet, Cloud Technology, Internet Of Things, dan Big Data.

Banyak sekali tantangan dan peluang untuk memulai Digital Entrepreneuship di Indonesia. Menurut penelitian pada tahun 2015 ada beberapa hal juga yang menjadi sebuah parameter revolusi digital sudah masuk dunia industri seperti, harga internet di Indonesia termasuk murah namun kualitas sinyal dan kecepatannya masih terbilang buruk dan Indonesia juga juga termasuk harga internet termurah setelah India. Selain itu, Indonesia juga tergolong pengguna internet terbanyak di dunia. Dan banyak lagi beberapa tantangan atau peluang yang dapat dimanfaatkan karena Jakarta termasuk ibu kota terpadat dan maju dibandingkan daerah lain dan orang-orang sering menyebut Jakarta adalah ibu kota Twitter dunia.

Menurut penelitian dari berbagai sumber pada tahun 2016 pendapatan E-commerce di Indonesia sebesar enam miliar USD. Hal ini juga berkaitan dengan para pengguna E-commerce pada masyarakat karena hampir setiap orang pasti memiliki smartphone. Sehingga pengguna internet juga ikut meningkat bersamaan dengan murahnya harga smartphone di pasaran.

Ada beberpa alasam mengapa dunia digital sangat mudah masuk di Indonesia yaitu karena harga internet di Indonesia yang terbilang sangat murah sehingga banyak sekali masyarakat dengan mudah meengakses dunia maya, selain indonesia menjadi negara pemakai internet tertinggi di dunia, banyak faktor yang membuat indonesia mudah sekali masuk pada dunia digital karena di Indonesia sendiri sangat banyak handphone dengan harga murah di pasaran sehingga pada tahun 2016 pendapatan e-commerce di Indonesia mencapai USD 6 milliar dan terus meningkat setiap tahunnya. Pada video tersebut juga memaparkan bagaimana prospek mahasiswa menjadi Digital Enterpreneurship di masa depan yang akan datang, mahasiswa diharapkan mampu menhadapi dunia digital dengan baik.

Dari video inspiratif tersebut mahasiswa diharapkan untuk merencanakan masa depan dengan meingvestasikan waktu belajar dengan sungguh – sungguh sehingga kita siap menghadapi era baru yang lebih canggih, inovatif serta mengutamakan ide-ide kreatif. Mahasiwa juga dituntut untuk bisa memanfaatkan dan mengembangkan digital yang ada seperti alat- alat di pabrik, serta digitalisasi yang dapat meningkatkan produktivitas pertambangan secara signifikan, serta kecangihan dalam toko perbelanjaan, hingga mempelajari dan memanfaatkan perkembangan dunia pertanian yang pada saat ini mulai menggunakan digital untuk mengoptimalkan hasil pertanian tersebut, serta dapat memanfaatkan dunia digital dengan baik untuk berwirausaha di masa yang akan datang.

Tentu dari apa yang telah disampaikan oleh Prof. Ir. Jaya sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan akan berguna di kehidupan yang akan datang. Terutama yang ingin mengetahui lebih dalam bagaimana dunia Digital Enterpreneuship ini. Banyak sekali informasi- informasi penting dan tidak bisa ditemukan di manapun yang sebelumnya belum pernah terdengar. Dari video inspiratif tersebut telah membuka pengetahuan saya khususnya di bidang kewirausahaan ini.

14 komentar:

Review Everwhite Brightening Essence Serum

lagi- lagi product everwhite mengeluarkan produk barunya selain empat varian masker yang sangat berkualitas kini everwhite hadir dengan  ser...